Digital clock

Selasa, 06 November 2012

PERMASALAHAN SOSIAL DALAM RUANG LINGKUP INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT


“Permasalahan Sosial dalam Ruang Lingkup” Individu, Keluarga dan Masyarakat

     Bahwa sejak manusia mulai hidup bermasyarakat, maka sejak saat itu sebuah gejala yang disebut masalah sosial berkutat didalamnya. Sebagaimana diketahui, dalam realitas sosial memang tidak pernah dijumpai suatu kondisi masyarakat yang ideal. Dalam pengertian tidak pernah dijumpai kondisi yang menggambarkan bahwa seluruh kebutuhan setiap warga masyarakat terpenuhi, seluruh prilaku kehidupan sosial sesuai harapan atau seluruh warga masyarakat dan komponen sistem sosial mampu menyesuaikan dengan tuntutan perubahan yang terjadi.
Permasalahan sosial meruapakan salah satu wujud dari dampak negatif  ilmu sosial.  Definis dari pemasalahan sosial adalah beberapa kondisi yang terlahir dari sebuah keadaan masyarakat yang tidak ideal. Atinya , selama dalam suatu masyarakat yang tidak terpenuhi secara merata,maka masalah sosial akan selalu timbul. permasalahan sosial dapat terjadi dimana saja seperti didalam keluarga ,masyarakat ataupun diri sendiri. contohnya seperti : konflik individu yaitu kemiskinan, dan konflik kelompok masalah lingkungan.
A. Permasalahan Dalam Ruang Lingkup Individu
Diagnosis masalah menempatkan individu sebagai unit analisanya. Sumber masalah sosial dilihat dari faktor-faktor yang melekat pada individu yang menyandang masalah. Melalui diagnosis tersebut lantas bisa ditemukan faktor penyebabnya yang mungkin berasal dari kondisi fisik, psikis maupun proses sosialisasinya. Masalah pribadi adalah masalah-masalah yang dialami dan dihadapi oleh manusia sebagai individu. Biasanya permasalahan satu individu dengan individu lain muncul karena perbedaan cara pandang dan watak atau sifat bawaan dari individu itu sendiri. Contoh sederhananya adalah konflik pada saat berdiskusi. Selain itu manusia tidak bisa hidup seorang diri. Sejak bayi sampai tua manusia membutuhkan orang lain. Untuk bisa makan, berbicara, berjalan, membaca, dan menulis kita diajari orang lain. Ini artinya manusia selalu hidup bersama atau dalam masyarakat. Masalah pribadi bisa dipecahkan sendiri oleh orang bersangkutan.


B. Permasalahan Dalam Ruang Lingkup Keluarga
Keluarga merupakan asal dasar permulaan hidup manusia, karenanya bila terjadi masalah dalam keluarga tentunya akan mempengaruhi keadaan sosial dari anggota keluaganya. Hal ini pun lumrah terjadi. Biasanya hal utama yang menjadi penyebab konflik itu timbul adalah perbedaan cara pandang dan kebudayaan yang terpaut usi (tua,muda). Contoh sederhananya adalah saat orangtua yang masih begitu konservatif harus menghadapi anaknya yang berorientasi terhadap perkembangan zaman. Hal tersebut sudah barang tentu akan menimbulkan selisih paham serta konflik.

C. Permasalahan Dalam Ruang Lingkup Masyarakat 

permasalahan yang sangat unviersal seperti berbeda visi dan misi dan saling ejek-ejekan antara satu kelompok masyarakat yang cenderung memicu kemarahan suatu keluarga antara keluarga lain . Permasalahan sosial dalam ruang lingkup masyarakat dapat diatasi ataupun dicegah dengan adanya pemimpin yang bersikap tegas dan bertanggung jawab terhadap masyarakatnya sendiri. Dan dengan cara musyawarah juga maka masalah akan dapat selesai . dengan membahas perlahan demi perlahan dan dengan berkepala dingin maka sangat mungkin masalah itu dapat diatasi dengan baik,benar dan adil.

NAMA : M.ULUL AZMI W.U.

NPM    : 54412647

KELAS : 1IA14

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar